Webinar: Temu Pengurus OSIS SMP-SMA se-YPII cabang Jakarta-Bandung-Semarang

Kampus sekolah katolik YPII, hari ini tanggal 14 November 2020, mengadakan acara Webinar yang terbilang cukup unik dan jarang sekali terjadi. Webinar kali ini mengangkat tema “Michelisian Leadership”. Sama hal nya seperti tema yang didalami oleh para guru dan tenaga kependidikan melalui Rekoleksi. Namun menjadi hal yang unik karena peserta dalam webinar ini adalah siswa-siswi pengurus OSIS dari sekolah YPII seluruh cabang, termasuk didalamnya siswa-siswi OSIS SMP St. Yoseph (Jakarta Pusat), SMP Waringin (Bandung), SMP Kebon Dalem (Semarang), SMP Marsudi Utami (Semarang), SMA Trinitas (Bandung), dan SMA Kebon Dalem (Semarang).

Semangat Bapak Eduard Michelis pendiri kongregasi suster SDP, telah hidup dan menjiwai setiap pribadi yang berada dibawah naungan YPII dengan ciri khas PI yaitu COIS (Cerdas, Otentik, Iman akan PI, dan Solider) dan mereka adalah Michelisian.

Maka sangatlah tepat Tema “Michelisian Leadership” diangkat dalam webinar ini, dimana setiap pribadi guru dan siswa yang tergabung dalam OSIS, diharapkan terus dapat mewarisi semangat kepemimpinan Bapak Eduard Michelis. Dengan demikian Michelisian-Michelisian ini akan menjadi pemimpin yang mampu menjawab tantangan jaman dan menjadi pelaku perubahan di jaman ini dan yang akan datang sesuai dengan visi misi kampus YPII. 

Pemimpin yang mempunyai integritas dan loyalitas, iman yang kuat, seorang visioner, motivator, inspirator, proaktif, disiplin, empati, rendah hati, cerdas, tegas, serta yang tidak kalah penting yaitu menjadi role model dan agen perubahan. Maka seorang pemimpin perlu terus menerus “Open mind, Open eyes, Open heart, dan Open hand” sebagaimana Bapak Eduard Michelis.

Oleh karena itu nilai-nilai kepemimpinan Bapak Eduard Michelis tersebut tidak hanya ditanamkan pada siswa dan juga pada guru-guru, tenaga kependidikan, staf, atau tenaga penunjang di YPII saja, tapi juga semua yang tergabung dalam keluarga besar YPII. 

Dalam kesempatan ini Sr. Marian Herawati, SDP membantu memaparkan secara tuntas nilai-nilai kepemimpinan Bapak Eduard Michelis. Nilai-nilai yang dipaparkan  dengan sederhana dan mudah dipahami oleh jiwa-jiwa muda para pengurus OSIS.

Hadir pula sebagai narasumber, alumni dari Sekolah YPII Bandung (SMP Waringin dan SMA Trinitas) bernama Kevin Joshua Reynaldi yang meluangkan waktunya untuk berbagi pengalaman dalam webinar ini. Beberapa hal yang disampaikan Kevin, yakni: Untuk selalu bereksplorasi dan mengembangkan potensi diri dengan berbagai cara, Stimulasi kita dengan berbagai peluang-peluang pengembangan diri berupa kegiatan volunteer, magang, ekstrakurikuler. Menunjukkan capaian pengembangan kita secara otentik dalam semangat kerendahan hati. Dan selalu memberikan kontribusi pada komunitas/lingkungan di sekitar kita dengan tetap dalam semangat rendah hati.

Selain itu, masih ada beberapa alumni OSIS dari seluruh sekolah YPII cabang Bandung, Jakarta dan Semarang yang turut serta memberikan motivasi melalui berbagai video testimoni yang kreatif dan memicu semangat.

Semoga melalui webinar “Michelisian Leadership” ini, akan melahirkan banyak “Michelisian-Michelisian” baru, yaitu orang-orang yang hidup dengan semangat Bapak Eduard Michelis. Salam COIS..! Salam Sahabat Michelisian…yes…yes…yes…we are!!

Leave a Comment